Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunia yang telah diberikan kepada kita semua, berupa nikmat sehat, nikmat ihsan maupun iman. Sholawat dan salam semoga tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW berserta keluarga, para sahabat, dan seluruh pengikutnya.

Hari ini, Rabu, 15 Juni 2022 merupakan hari yang bersejarah bagi peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2021-2022.  Pada pukul 16.00 wib ananda bisa melihat hasil kelulusan melalui website sekolah http://smpn4pekanbaru.sch.id

Beberapa waktu yang lalu ananda telah berjuang untuk menyelesaikan rangkaian demi rangkain ujian yang dilaksanakan oleh sekolah. Kita semua tahu, pada masa pandemi Covid-19 pembelajaran tatap muka dilakukan dengan pola terbatas. Namun, kami pihak sekolah selalu berusaha melakukan pembelajaran yang efektif serta efisien melalui pembelajaran tatap muka terbatas dengan menggunakan beberapa media daring agar peserta didik mampu menyerap ilmu yang diberikan oleh guru dengan baik. Ananda sekalian yang kami sayangi.

Pengumunan kelulusan ini menjadi bukti kesungguhan niat dan tekad ananda untuk mengikuti pendidikan selama tiga tahun. SELAMAT atas keberhasilan ananda sekalian yang telah berjuang bersama SMP Negeri 4 Pekanbaru. Semua pencapaian yang diperoleh tentu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, baik peserta didik, guru dan tata usaha, orang tua peserta didik serta pihak dinas terkait. Oleh karena itu berterimakasihlah kepada orang tua dan bapak-ibu guru serta doakan mereka agar selalu diberikan keberkahan dan kesehatan.

Ananda sekalian, perjuangan ananda masih panjang. Tetaplah berdo’a mohon petunjuk, bimbingan, perlindungan dan takdir yang baik kepada Allah SWT agar ananda nanti dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Semakin tinggi ilmu yang ananda miliki, semakin merunduklah seperti padi serta hendaklah semakin berbakti kepada orang tua dan bapak/ibu guru.

Sekali lagi SELAMAT atas kelulusan ananda, bersegeralah sujud sykur kepada Allah SWT atas karunia kelulusan ini. Pada hari yang berbahagia ini janganlah berlebihan memaknai sebuah keberhasilan. Jaga tradisi baik yang telah dilakukan oleh senior-senior terdahulu dengan tetap berperilaku sederhana, sopan dan simpati serta empati terhadap sesama. Sekolah melarang  ananda untuk melalukan arak-arakan kendaraan bermotor yang membahayakam keselamatan serta aksi coret-coret baju atau tembok. Rapikan seragam-seragam itu dan sumbangkanlah kepada adik-adik kelas atau orang lain yang lebih membutuhkan.

Ananada sekalian yang sedang berbahagia. Tetap jalin silaturahmi dan komunikasi dengan sekolah melalui WA grup kelas/sekolah. Untuk urusan pendistribusian SKL, insyaallah akan dibagikan pada hari Sabtu, 18 Juni 2022. Menyikapi masih belum selesainya pandemi Covid 19, saya menegaskan bahwa kita tidak akan mengadakan acara pelepasan dan perpisahan bagi kalian. Fokuskan perhatianmu untuk persiapan masuk pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selamat berkompetisi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  Online , baik untuk masuk ke tingkat Sekolah Menangah Atas (SMA),  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Masdrasah Aliyah (MA)

Akhir kata dari sambutan, saya mewakili seluruh guru dan karyawan SMP Negeri 4 Pekanbaru kami mengucapkan selamat jalan dan sukses untuk kalian semua. Kami mohon maaf atas kekurangan dalam pelayanan maupun pengelolaan sekolah selama tiga tahun ini (input_proses_output). Kepada peserta didik yang akan melanjutkan ke tingkat SMA/SMK/MA idamannya melalui jalur penerimaan khusus maupun umum, kami doakan semoga lulus. Kami yakin kalian mampu membuktikan diri menjadi orang yang sukses dikemudian hari sebagaimana  kakak-kakak senior yang telah membuktikan kesuksesan mereka.

Sebagai warga negara yang baik, kami keluarga besar SMP Negeri 4 Pekanbaru, bertekad untuk terus  berjuang menjadi yang terbaik untuk mendidik anak bangsa menjadi generasi muda yang taat azas dan norma-norma yang berlalu. Kami siap mewujudkan masyarakat yang madani serta menjujung nilai-nilai luhur Pancasila dan tetap taat menjalankan protokol penanganan pandemi Covid 19 yang diterbitkan oleh pemerintah.

Demikian sambutan saya dalam pengumuman kelulusan peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuk jalan terang dan memberkahi kita semua dalam upaya mencerdakan anak bangsa melalui pendidikan nasional. Amin.

Sungguh cantik kain Penari
Kain tenun dari melayu
Insan kreatif nan baik budi
Lulusan SMP Negeri 4 Pekanbaru

Ikan salais icon Kota Pekanbaru
Dimasak gulai sedap sekali
Selamat jalan ke sekolah baru
Selamat bergabung dengan para alumni